Waspada! Rokok Rusak Kesuburan Pria

Posted on 2016-02-08 00:57



CATATAN UANG - Kebiasaan merokok berhubungan dengan sedikitnya 25 penyakit di tubuh manusia. Seperti kanker, jantung, impotensi dan paru. Namun tidak hanya itu, rokok juga bisa merusak masalah kesuburan pada pria.

"Dalam merokok itu ada Reactive Oxygen Species atau ROS yang menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini yang bisa merusak materi genetik sperma," papar dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Budi Wiweko, di Jakarta.

Parahnya, kualitas sperma yang buruk juga bisa menyebabkan pasangan suami istri belum memiliki anak. Menurut Budi, 35% masalah kesuburan disebabkan oleh kualitas sperma yang buruk.

Dalam kesempatan yang sama, dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Yassin Yanuar mengungkapkan, rusaknya materi genetik memicu sel sperma tidak bisa membuahi sel telur.

"Mungkin jumlah dan gerakan spermanya bagus. Tapi pas dilihat, materi DNA rusak, jadi enggak mampu membuahi. Karena materi genetik sperma yang rusak pengaruh ke kualitas embrio," ungkap Yassin.

Selain itu, bagi pasangan yang akan mengikuti program bayi tabung, kualitas sperma pria juga akan dilihat. Meski demikian, kualitas sperma yang buruk masih bisa diatasi untuk meningkatkan peluang kehamilan istri ketika mengikuti proses bayi tabung.

"Nomor satu harus stop rokok dulu. Kemudian dievaluasi, kita berikan antioksidan dosis tinggi. Kita evaluasi lagi setelah dua atau sampai tiga bulan," tandas Budi.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-03-07 00:34
Posted on 2016-03-15 17:46
Posted on 2016-01-23 01:28