Waduh, Ini Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama

Posted on 2016-02-02 01:22



CATATAN UANG - Dalam situasi tertentu, kadang kebutuhan untuk buang air kecil atau buang air besar memang sulit dilakukan. Misal saat sedang dalam perjalanan dimana toilet tak ada, atau sedang mengikuti acara resmi yang sulit ditinggalkan. Tak ada jalan lain kecuali harus menahan kencing atau BAB selama beberapa waktu hingga ada kesempatan untuk pergi ke toilet.

Namun hal itu ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda, lho. Kandung kemih bisa mengalami retensi urine atau tidak mampu melakukan tugasnya dalam mengosongkan urine yang ada di dalamnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengalami infeksi kandung kemih akibat banyaknya bakteri yang menumpuk.

Dilansir oleh laman Huffington Post, kemampuan kandung kemih orang dewasa dalam menyimpan urine adalah dua cangkir. Jadi secara alami otak akan memberi isyarat kepada tubuh bahwa Anda perlu segera mengosongkannya sebelum kapasitas itu penuh.

Jika Anda tak juga mengeluarkan isi kandung kemih dengan kencing, maka saat organ dalam itu sudah penuh, otot cylindrical sphincters yang ada di kandung kemih akan menutup rapat untuk mencegahnya tumpah.

Makin sering Anda menahan kencing, otot di kandung kemih itu akan melemah. Dan pada puncaknya akan longgar sehingga urine sering menetes dengan sendirinya.

Infeksi saluran kencing terjadi bila bakteri menumpuk di kandung kemih akibat air seni yang sering ditahan. Bakteri yang seharusnya dibuang seiring keluarnya urine, menumpuk dan menyebabkan infeksi. Jadi sebaiknya memang Anda tak menahan kencing terlalu sering, agar kesehatan organ tersebut tetap terjaga.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-01 14:15