Tujuh Cara Unik Mengeringkan Pakaian di Dalam Rumah

Posted on 2016-02-02 01:07



CATATAN UANG - Januari identik dengan frekuensi curah hujan yang tinggi. Hujan tidak hanya terjadi sesekali, tetapi satu hari penuh. Kendati memberikan kesejukan bagi banyak orang, terkadang tak sedikit juga yang kelabakan karena pakaian yang tak kunjung kering.

Desain ruang laundry pakaian di rumah 

Idealnya memang, sebuah rumah harus memiliki ruang khusus untuk mengeringkan pakaian pada saat musim hujan tiba. Biasanya, ruang tersebut berada di dekat mesin cuci berada. Namun, tidak semua rumah memiliki ruangan semacam itu.

Kendala dalam hal keuangan dan kondisi rumah yang tidak sempurna, menjadikan pemilik rumah mengeringkan pakaian di pekarangan mereka. Tetapi, saat hujan tiba, seperti di awal tahun ini, mereka harus menjemur pakaian di tempat-tempat yang kurang tepat. Seperti di garasi, di jendela luar, dan teras rumah.

Kondisi baju yang dijemur di bagian eksterior rumah pada musim hujan

Menjemur pakaian di tempat-tempat tersebut memunculkan kesan kumuh. Solusinya, Berikut 7 cara unik mengeringkan pakaian yang bisa dilakukan di dalam rumah yang sudah dilansir  dari rumah.com, seperti ditulis.

1. Prioritaskan jenis pakaian

Memilih jenis bahan pakain adalah cara cerdas ketika ingin mencuci pakaian 

Dalam satu hari, tentu ada beragam jenis pakaian yang Anda gunakan. Mulai dari jeans, katun, blouse, jersey, nylon, spandek, dan masih banyak lagi. Setiap bahan pakaian memiliki ciri khusus dalam hal daya serap terhadap air.

Nah, proses pertama yang harus Anda lakukan pada saat ingin mencuci pakaian adalah memisahkan pakaian, dan prioritaskan pakaian mana yang harus dicuci dan yang bisa digunakan hingga 2-3 kali.

Dinukil dari supersavvyme.co.uk, pakaian berbahan jeans sebaiknya jangan terlalu sering dicuci. Ini karena bahan jeans mudah menyerap dan menahan air, sehingga butuh waktu lama untuk pengeringannya.

2. Gunakan cairan deterjen 2in1

Analogi deterjen 2In1 

Menggunakan deterjen pada saat mencuci memang sudah hal lazim dilakukan oleh banyak orang. Hanya saja, ketika musim hujan, ada baiknya Anda mencoba menggunakan jenis deterjen yang memiliki kemampuan 2in1. Artinya, tidak hanya mengandung pembersih, tetapi juga bisa memberikan unsur halus pada pakaian.

Dengan menggunakan jenis deterjen ini, tentu Anda tidak perlu risau apabila pakaian Anda harus menghimpitnya dengan pakaian lain pada media yang sedikit sempit.

3. Masukan ke dalam spinner sayuran

Spinner untuk mencuci sayuran 

Satu cara unik untuk mengeringkan pakaian adalah dengan memasukan beberapa jenis pakaian ke dalam spinner yang biasa dipakai untuk mencuci sayuran. Caranya masukan pakaian ke dalam bejana berisi air bersamaan dengan spinner tadi. Kemudian cuci dan aduk memutar. Setelah selesai, tiriskan layaknya meniris sayuran, dan diamkan.

Air yang ada pada pori-pori pakaian akan keluar dengan sendirinya. Hanya saja, cara seperti ini bisa dilakukan untuk jenis pakaian yang berukuran kecil, seperti pakaian dalam dan kaos kaki.

4. Jepitkan pakaian dekat kipas angin

Penjepit pakaian yang sering digunakan untuk mengeringkan pakaian 

Seperti dilansir dari greenlivingideas.com menjepit pakaian menjadi cara yang jitu untuk mengeringkan pakaian. Lalu menjepit pakaian bagaimana yang bisa mengeringkan dengan cepat?

Ternyata, selain menjepit pakaian, hal penting lainnya adalah tempat dimana menyimpan pakaian tersebut. Di dekat kipas angin, atau di sisi-sisi furnitur seperti lemari atau pintu dinilai paling efektif untuk mengeringkan pakaian.

Namun Anda harus memperhatikan jarak setiap pakaian, agar tidak saling berdekatan dan bertumpuk. Sisakan sedikit jarak, agar ada udara masuk mengisi ronga-rongga pakaian.

5. Keringkan dengan pemanas

Mengeringkan pakaian menggunakan setrika pakaian 

Langkah kelima adalah gunakan alat pemanas elektrik, seperti alat setrika dan hair dryer. Cara ini dinilai efektif. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti jenis bahan pakaian Anda.

Jenis pakaian yang dapat dikeringkan menggunakan cara unik ini antara lain katun, rayon, twistcone, dan seruti. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk beberapa sisi pada pakaian seperti, lipatan saku kemeja, kerah, dan saku celana.

6. Gunakan handuk hangat dan kering

Handuk kering dapat membantu mengeringkan pakaian 

Apabila menggunakan alat pemanas dirasa tidak bisa dilakukan untuk bahan pakaian lainnya, Anda bisa mencoba dengan handuk hangat dan kering. Biasanya, cara ini digunakan untuk mengeringkan pakaian berbahan jeans. Caranya, usap handuk ke seluruh pakaian berjenis jeans yang basah. Lakukan berkali-kali dan diamkan dengan cara menggantungnya.

7. Bekukan pakaian menggunakan freezer

Membekukan pakaian adalah cara unik untuk mengeringkan pakaian 

Cara terakhir untuk mengeringkan pakaian adalah dengan membekukan pakaian hingga muncul bunga es atau kristal es. Dilansir dari dailymail.co.uk cara ini terinspirasi dari orang penjelajah kutub yang menutup pakaian mereka yang basah hingga membeku. Setelah membeku mereka menggosok dengan keras butiran-butiran es hingga mengering








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-05 00:59
Posted on 2016-01-23 02:24