Tubuh Gemuk Bikin Orang Gampang Pikun

Posted on 2016-02-03 00:44



CATATAN UANG - Jangan biarkan tubuh Anda penuh dengan tumpukan lemak. Pasalnya, tubuh gemuk atau obesitas cenderung memiliki kemampuan otak yang terus menurun. Studi dari Australian National University menemukan, perut yang semakin membesar akibat tumpukan lemak maka membuat otak terus menyusut seiring dengan usia yang bertambah.

Studi ini mengamati peserta dewasa yang punya berat badan berlebih. Mereka dipanatau selama 8 tahun. Mereka juga diamati bagian hipokampus pada otaknya. Hipokampus adalah bagian otak yang diketahui berpengaruh pada kemuculaan penyakit Alzheimer. Peneliti menemukan, orang yang punya berat badan berlebih diketahui kurang produktif dan mengalami penyusutan di daerah hipokampus yang drastic dibanding dengan orang yang berat badannya ideal.

 “Fenomena tersebut tidak hanya akan sebabkan gangguan ingatan secara halus. Penyusutan otak juga menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi mengidap gangguan suasana hati dan demensia,” kata Nicolas Cherbuin PhD, peneliti studi.

Alasan dari semua ini yaitu jaringan lemak menyebabkan terjadinya pelepasan molekul yang memicu peradangan tubuh. Molekul ini ikut beredar dalam aliran darah yang salah satunya melewati otak. Peradangan ini membuat produksi sel neuron menurun dan membunuh sel saraf yang sudah ada sebelumnya. Lalu, DNA tubuh pun lebih cepat mengalami kerusakan.

Dikutip dari Okezone, kerusakan di jaringan halus otak akan membuat fungsi otak menurun. Kabar buruknya, sekalipun dalam studi hanya dilibatkan orang dewasa usia 60-an tahun, namun tidak menutup kemungkinan dialami usia lebih muda bila mereka memiliki berat badan tidak terkontrol.

 “Kabar baiknya, bila Anda mampu mengontrol berat badan Anda, otak akan terselamatkan. Semakin dini Anda melakukannya, maka akan semakin baik. Hal itu karena penelitian awal menunjukkan, penurunan berat badan menurunkan peradangan dan meningkatkan fungsi hipokampus,” kata Cherbuin.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-24 01:16
Posted on 2016-02-01 14:06
Posted on 2016-01-22 14:55
Posted on 2016-02-04 00:40
Posted on 2016-02-06 00:21