Trik Cermat Atur Keuangan pada 2016

Posted on 2016-01-24 17:36



CATATAN UANG - tahun baru diharapkan juga memiliki semangat baru untuk mengatur keuangan. Apalagi kalau Anda merasa gaji selama sebulan selalu tidak cukup. Bahkan gaji sebulan mungkin Anda tidak mengetahui telah digunakan untuk apa saja.

Tak ada kata terlambat untuk mengelola keuangan menjadi lebih baik terutama di tahun baru.Salah satunya dapat dimulai dengan mulai mencatat pemasukan dan pengeluaran dari penghasilan Anda. Dengan mencatat arus kas tersebut, Anda bisa mengetahui kemana saja uang yang telah digunakan.

Perencana Keuangan One Shildt Financial Consulting Muhammad Andoko menuturkan, masalah yang dihadapi baik individu dan keluarga yaitu kurang disiplin bahkan tidak memiliki catatan untuk mengetahui pengeluarannya untuk apa saja. Karena itu, ia mengingatkan agar mulai mencatat secara disiplin untuk pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Andoko menuturkan, pencatatan keuangan tersebut dilakukan juga agar dapat mengetahui aset dan kewajiban yang dimiliki oleh seseorang dan keluarga. Dengan mengetahui aset dan kewajiban yang dimiliki maka dapat mengetahui perkembangan kondisi keuangan seperti utang, investasi dan lainnya.

Selain itu, Andoko mengatakan, memiliki catatan keuangan tersebut juga sebagai acuan untuk mengetahui aset produktif dan konsumtif yang dimiliki.

“Manfaat mengatur catatan punya benchmark tahun lalu punya aset sekian.Tahun lalu punya aset produktif dan konsumtif, tahun lalu tidak punya aset investasi, uang yang bekerja untuk kita. Kemudian individu dan keluarga tempatkan aset produktif untuk topang gaya hidup ke depan, berikutnya bisa juga untuk alokasi aset kemana saja,” kata Andoko saat berbincang dengan CatatanUang.com 








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-08 23:08
Posted on 2016-02-01 01:30
Posted on 2016-02-07 00:50