Temukan Kebahagiaan Dalam Bekerja Dengan 5 Cara Ini

Posted on 2016-03-20 11:46



CATATAN UANG - Kebahagiaan dan kepuasan bekerja memiliki dampak langsung pada produktivitas bekerja.

Sayangnya, masih banyak pekerja yang merasa dirinya tidak bahagia, bermalas-malasan, senang menunda pekerjaan, atau bahkan merasa tidak puas dengan karirnya sekarang.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan kebahagiaan dalam bekerja. Berikut ini beberapa cara tersebut, seperti dilansir laman Hongkiat, Jumat, 18 Maret 2016.

1. Bahagia itu pilihan

Bahagia itu adalah pilihan, dan Anda bisa memilih untuk mendapatkannya. Caranya dengan mengubah cara pandang Anda.

Cobalah untuk bersikap positif, karena sikap Anda, baik itu positif maupun negatif, bisa mempengaruhi orang lain di sekitar Anda. Jadi sebaiknya hindari sikap negatif, yang akan membuat lingkungan kerja tidak nyaman.

Sebaliknya, jadilah orang yang positif. Menjadi penyemangat bagi tim kerja atau selalu menjadi orang yang melihat sesuatu dari sisi baik, adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap berpikir positif dan merasa bahagia.

2. Buatlah perubahan gaya hidup

Jika Anda belum mampu mengubah diri menjadi orang yang positif, maka lakukan beberapa perubahan gaya hidup. Cobalah untuk bersyukur, memupuk optimisme, dan temukan tujuan.

Menjadi orang yang selalu bersyukur akan membuat Anda merasa puas dengan keberadaan Anda saat ini. Sementara optimisme diperlukan agar Anda selalu percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kadang sikap positif bisa membantu Anda menemukan metode baru saat berusaha menyelesaikan tugas pekerjaan yang monoton.

Selanjutnya, temukan tujuan atau temukan jenis pekerjaan yang memuaskan bagi Anda. Dengan begitu, secara alamiah akan mengarahkan Anda ke perasaan yang lebih bahagia di kantor.

3. Perbaiki hubungan

Peningkatan produktivitas melalui sikap positif juga mengandalkan bagaimana interaksi Anda dengan rekan kerja yang lain.

Banyak studi menunjukkan bahwa karyawan yang bisa bekerja dengan baik dalam tim akan memiliki kesuksesan lebih besar saat mengerjakan tugas, sekaligus memiliki rasa kepemilikan tinggi terhadap hasil kerja mereka.

Namun menjalin hubungan baik dengan rekan kerja juga punya tantangan. Itulah mengapa, Anda harus bisa membawa diri untuk menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan.

Untuk atasan, Anda pun harus tahu bagaimana menempatkan bawahan untuk bisa bekerja sama. Apabila ada konflik, sebaiknya segera diselesaikan agar tidak berlarut-larut.

4. Tertawa itu penting

Salah satu cara seorang manajer bisa tahu apakah tim kerjanya bisa bekerja dengan baik adalah melihat apakah ada tawa canda di antara mereka.

Orang-orang yang tertawa bersama bisa membentuk ikatan yang lebih kuat, sehingga mereka bisa bekerja lebih dekat dan lebih produktif.

Tawa canda juga bisa membantu mengatasi situasi stres di kantor, sekaligus membuat alur pekerjaan lebih mudah mengalir.

5. Menjadi pendengar yang baik

Mereka yang bekerja sama dengan baik dalam tim tahu bagaimana cara belajar untuk saling mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik artinya Anda menghormati pendapat orang lain, dan itulah yang diperlukan dalam tim

Saat masing-masing anggota tim merasa dirinya dihargai, mereka pun akan lebih mudah untuk bekerja sama, yang akhirnya mengarah pada produktivitas kerja yang lebih baik.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-04 00:48