Tak Hanya Sekadar Hobi, Ini Manfaat Memancing

Posted on 2016-03-06 12:37



CATATAN UANG - Berwisata bisa melepas stres akibat sibuk bekerja dan kepenatan sehari-hari. Apalagi wisata yang dijalani juga hobi. Salah satu jenis wisata hobi yang banyak digemari adalah memancing. Hobi memancing, utamanya di tempat pemancingan, ternyata bisa menjadi wisata yang mengembalikan stamina dan pikiran kembali segar.

Pratama, pemilik pemancingan Adhiraja dan Delunakata di Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, mengungkapkan, "Dengan konsep yang apik, menyalurkan hobi memancing ikan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan, menjadi wahana silaturahmi, dan pengganti jenis olahraga lain seperti golf".

Pria yang akrab dengan sapaan Poci itu, manfaatkan memancing ikan demi meningkatkan produktivitas pekerja ketika harus kembali bekerja keesokan hari. "Memancing itu bisa jadi media rekreasi bagi para karyawan yang penat dengan pekerjaan sehari-hari. Di tempat memancing, mereka bisa beristirahat, mengembalikan stamina, dan kesegaran pikiran."

Menurut dia, memancing memberi kepuasan tersendiri. Menurut Poci, kawasan pemancingan yang asri, hijau, dan ramah lingkungan juga bisa menjadi destinasi wisata bagi keluarga. "Di Adhiraja dan Deluna, tidak hanya menyediakan lokasi memancing untuk olahraga, tapi ada juga pemancingan rekreasi, bahkan untuk anak-anak," tandasnya.

Kolam Pemancingan Adhiraja seluas 8.000 meter persegi, khusus pemancingan kategori Galatama. Ukuran ikan patin terbesar di kolam seberat 15 kilogram sebanyak 50 ekor. Sedangkan, ukuran ikan patin lainnya seberat 1-9 kilogram telah tersebar 15 ton. Dalam waktu dekat kolam akan penuhi ikan patin berukuran 10-15 kilogram.

Pemancingan lainnya, Deluna, pemancingan rekreasi ikan mas. Di kompleks yang sama, juga ada kolam pemancingan ikan nila dan gurame khusus anak-anak. "Konsep pemancingan Adhiraja memperhatikan kelestarian lingkungan sebagai penyangga kehidupan, juga memperhatikan fungsi sosial masyarakat, dan melibatkan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya," kata Poci.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-31 01:02