Sudah Dewasa Masih Ngompol? Mungkin Ini Sebabnya!

Posted on 2016-02-08 23:12



CATATAN UANG - Mengompol umumnya terjadi pada anak-anak yang belum dilatih buang air kecil di toilet. Namun, mengompol juga bisa dialami oleh orang dewasa. 

Mengompol saat tidur bisa menandakan Anda terlalu banyak minum sebelum tidur. Keadaan yang disebut juga dengan urinary incontinence ini lebih banyak terjadi pada wanita usia lanjut. Di satu sisi, keadaan ini mengisyaratkan ada beberapa jenis gangguan. Berikut ulasannya yang dilansir dari WebMd.

1. Stres
Inkontinensia atau salah satu tipe stres ini kerap terjadi ketika Anda mengeluarkan urine saat tertawa, batuk, bersin dan mengangkat benda berat. Umumnya, keadaan ini dialami oleh wanita berusia muda.

Hal ini terjadi karena otot dan jaringan di sekitar mulut kandung kemih lemah. Penyebabnya bisa karena kegemukan, cedera olahraga, pascaoperasi, atau persalinan normal. Namun, beberapa obat bisa memperburuk kondisi mengompol.

2. Sulit menahan kencing
Sebagian orang kerap merasakan ingin buang air kecil saat mendengar suara air atau habis minum. Tak jarang dari mereka sulit menahan kencing. Hal ini disebabkan oleh ketegangan pada otot kandung kemih. Pemicunya bisa karena gangguan saraf atau otot, infeksi, atau peradangan.

3. Kandung kemih terlalu aktif
Kandung kemih yang terlalu aktif dipercaya menyebabkan Anda akan buang air kecil secara sering. Meski tidak mengompol, namun hal ini bisa mengganggu pekerjaan Anda. Untuk itu pastikan Anda konsultasi ke dokter. Meski demikian, keadaan ini diklaim tidak membahayakan.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-08 00:43
Posted on 2016-02-01 01:27
Posted on 2016-02-15 12:37
Posted on 2016-02-05 00:11