Sering Pakai Ponsel Bikin Cepat Tua?

Posted on 2016-02-05 00:59



CATATAN UANG - Tak ingin cepat tua? Maka jangan terlalu sering pakai ponsel. Tak hanya ponsel, sejumlah gadget populer macam smartphone dan tablet juga bisa timbulkan penuaan dini bila diakses terlalu sering. Mengapa dikatakan demikian?

Berkutat dengan gadget memang kini bukan sekadar kebutuhan saja melainkan sudah jadi bagian dari gaya hidup. Seakan, manusia tanpa gadget laiknya kembali ke zaman bahula dulu. Sebab, semua aktivitas dalam kehidupan manusia kini kian dimudahkan dengan kehadiran smartphone dan tablet.

Jika berbicara terkait dampak pengguna gadget, umumnya terkait dengan radiasi. Namun, Dr Kiran Lohia dari Lumiere Dermatology, New Delhi, India menjelaskan jika masalah yang ada tentang postur tubuh yang mempengaruhi pengguna.

"Pada dasarnya, dengan adanya smartphone, orang akan menjaga kepala mereka menunduk dan maju selama berjam-jam untuk melihat ponsel dan tablet," jelasnya.

Ia melanjutkan jika dalam posisi tersebut berlangsung secara terus menerus maka otot leher memendek sehingga meningkatkan tarikan gravitasi pada kulit. Ini kemudian yang menyebabkan kulit kendur, garis-garis vertikal dari bibir ke dagu, dan rahang yang longgar.

Dokter lain mengatakan pula hal senada. Jika keseringan gunakan smartphone, tablet, dan laptop dapat membawa tanda-tanda awal penuaan seperti garis-garis terukir di wajah, keriput, serta kulit longgar dalam diri seseorang.

Dunia medis menyebutnya sebagai "leher teknologi". Ini seperti ketika orang menunduk tatkala melihat laptop atau ponsel terlalu sering yang akibatkan leher jadi terlihat lebih tua. Dampak lainnya, penggunaan ponsel berlebih dalam jangka panjang bisa sebabkan alergi kulit.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-06 00:21
Posted on 2016-01-23 02:24