Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Posted on 2016-02-05 00:57



CATATAN UANG - Jeruk nipis sejak dulu dikenal sebagai buah yang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya adalah batuk. Cara tradisional mengajarkan bahwa batuk bisa disembuh dengan menelan air jeruk nipis yang sudah ditetesi dengan kecap. Secara empiris cara ini manjur bagi sebagian orang.

Seperti dilansir Kompas, manfaat jeruk nipis sebagai obat masih banyak. Tujuh di antaranya sebagai berikut:

1. Jerawat
Jerawat bisa dibasmi dengan mengoleskan air jeruk nipis. Setelah dibiarkan sebentar, lalu cuci bersih.
    
2. Membantu berhenti merokok
Caranya sukup hisap air jeruk nipis dari satu butir. Lalu lanjutkan dengan minum air putih. Terapkan bebrapa kali dalam sehari sampai napsu merokok hilang.
    
3. Vertigo
Penyakit yang ditandai dengan pandangan seolah berputar ini bisa dibantu penyembuhannya dengan melumatkan segenggam daun jeruk nipis. Tambahkan dengan sesendok air jeruk nipis lalu digosok ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Terapkan sehari dua kali.
    
4. Radang tenggorokan
Peras tiga buah jeruk nipis dan tambahkan 1/2 cangkir air panas serta sesendok madu. Minum selagi hangat dan pakai untuk berkumur sekitar 3 menit. Gunakan cara ini sehari tiga kali.
    
5. Melangsingkan perut
Tambahkan perasan satu butir jeruk nipis dalam teh hijau dan minum pagi serta sore hari.
    
6. Menambah tenaga
Jadikan satu antara air perasan dari sebutir jeruk nipis, kuning telur ayam kampung dan irisan gula merah. Minum seminggu sekali.
    
7. Hipertensi
Siapkan 20 bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci lalu tambahkan air perasan 2 butir jeruk nipis. Rebus bersama 3 gelas air dan sisakan sekitar 2  perempatnya. Saring setelah dingin lalu minum sehari tiga kali sebanyak tiga-perempat gelas. Bagus pula jika ditambahkan madu saat meminumnya.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-06 00:37