Inilah Maneki Neko, Patung Kucing Pembawa Keberuntungan

Posted on 2016-01-12 16:13



Dalam berbisnis terkadang orang sering menggunakan hal-hal yang tidak masuk akal untuk mendatangkan keuntungan. Misalnya memakai cara-cara yang banyak orang anggap hal tersebut adalah sebuah mitos yang belum pasti kebenarannya.

Bila Anda teliti, di banyak toko orang Tiongkok atau orang Jepang biasanya memakai benda-benda yang dipercaya dapat mendatangkan rezeki. Salah satunya 'Maneki Neko' atau biasa disebut kucing pemanggil.

Sejak dulu, kucing telah dipelihara oleh orang-orang Jepang untuk memnyingkirkan tikus yang selalu merusak tanaman. Kini di Jepang atau China, para pelaku bisnis selalu meletakkannya di depan pintu berharap kemakmuran dalam berbisnis.

Figur kucing ini telah banyak diproduksi menjadi berbagai alat dan bentuk. Seperti gantungan kunci, celengan, pengharum ruangan, dan lain-lain. Bahannya pun cukup beragam mulai dari plastik, kayu, kertas, hingga bahan termahal seperti batu giok pun digunakan untuk membuat Maneki Neko.

Bentuknya pun dipercaya memiliki fungsi tertentu. Misalnya lambaian kaki si kucing. Kepercayaan mengenai kaki mana dulu yang terangkat, bisa mempengaruhi fungsi Maneki Neko.

Kepercayaan paling umum biasanya bila kaki kiri yang terangkat, hal tersebut berfungsi untuk menarik pelanggan. Sedangkan kaki kanan bertujuan untuk menarik kemakmuran dan keberuntungan. Beberapa orang percaya bahwa semakin tinggi kaki terangkat, semakin besar pula keberuntungan yang akan datang.

Warna dan Ornamen

Berdasarkan warna-warna yang digunakan oleh Maneki Neko ternyata mengandung banyak arti. Dikutip dari Japanya.co.uk, pola dasar putih dengan pola hitam dan oranye dipercaya dapat membawa keberuntungan. 

Misalnya saja warna putih mengindikasikan kemurnian, dan kesucian. Warna hitam dipercaya dapat menjaga kesehatan pemiliknya dan mencegah datangnya hal-hal jahat. Kemudian warna merah merupakan warna pelindung yang bisa menghalangi datangnya sakit dan arwah jahat.

Emas yang biasa Anda lihat di toko-toko melambangkan kemakmuran. Merah muda berhubungan dengan rasa kasih sayang dan cinta. Serta warna hijau meningkatkan pencapaian akademik atau karier.

Patung Maneki Neko selalu disertai dengan beberapa tambahan ornamen di lehernya. Bisa berupa kalung dengan lonceng kecil atau kain yang diikatkan di leher.

Kalung warna merah yang digunakan oleh kucing tersebut terbuat dari hichirimen (bunga merah) lengkap dengan lonceng kecil. Dekorasi tersebut sebuah gambaran tentnag kucing-kucing yang dipelihara oleh keluarga bangsawan pada zaman Edo.

Kemudian kain yang dikatkan di leher berhubungan dengan fungsinya sebagai pelindung. Seperti kain yang terdapat pada patung Bodhistwa Jizo, yaitu pelindung yang sering ditemukan di gerbang kuil atau tempat pemakaman.

Cara Memasang Maneki Neko

Bila Anda tertarik menggunakan Maneki Neko sebagai salah satu pembawa rezeki Anda, Anda cukup memajangnya secara diagonal di pintu masuk. Lalu biarkan dilihat oleh setiap orang yang masuk.

Setelah terpajang, jangan sekali-sekali disentuh oleh orang lain. Apalagi setelah toko atau tempat usaha Anda ramai. Karena konon katanya akan terkontaminasi dengan energi dari orang yang memegang tersebut.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-04 00:07
Posted on 2016-01-23 14:07
Posted on 2016-02-05 00:11