Ini Yang Hanya Diketahui Soal Gejala Demam Berdarah, Padahal...

Posted on 2016-03-05 00:45



CATATAN UANG - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia Aman Pulungan mengatakan hampir semua orang Indonesia hanya tahu dua gejala demam berdarah dengue. "97 persen orang Indonesia hanya tahu gejala demam berdarah berupa panas dan memiliki bintik bintik merah," katanya pada acara Gerakan Nasional Bersama Melawan Demam Berdarah di Jakarta Kamis 3 Maret 2016.

Guru Besar Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, Sri Rejeki Hadinegoro, mengatakan para orang tua sebaiknya memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang gejala penyakit yang sering datang pada musim hujan ini. Menurutnya, anak paling rentan terkena penyakit DBD.

Semakin kecil anak, kata Sri, semakin rentan pula ia terkena penyakit, termasuk penyakit yang ditularkan oleh nyamuk ini. Anak biasanya tidak bisa menjelaskan berbagai keluhan yang dialaminya. "Misal pada bayi, ia tidak bisa mengeluh bagian apa yang sakit, sehingga orang tua harus lebih perhatikan kondisi anak mereka," kata Sri.

Beberapa gejala yang biasanya akan dialami orang khususnya anak bila terkena virus dengue adalah sakit kepala, termasuk rasa sakit di belakang mata. Ada pula nyeri otot dan sendi. 

Lalu akan ada gejala muntah dan termasuk mual. Kemudian ada pula diare, bintik kemerahan atau ruam, sertta hidung dan gusi yang berdarah.

Sri menyarankan agar anak segera dilarikan ke rumah sakit bila mengalami beberapa tanda bahaya seperti ini. Sakit perut yang hebat, muntah terus menerus dengan atau tanpa darah, hidung dan gusi berdarah, mengantuk ,kebingungan dan kejang, susah bernapas, dan pucat di tangan dan kaki atau berkeringat. "Segera bawa mereka ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan."










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-01 14:19