Ini Bahayanya Merokok Dalam Rumah

Posted on 2016-02-08 00:47



CATATAN UANG -  Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa merokok di dalam rumah bisa meninggalkan banyak zat berbahaya. Parahnya, zat tersebut akan menempel di perabotan rumah, karpet, tirai hingga dinding rumah.

Dilansir dari Telegraph, ahli kimia, dokter Eunha Hoh mengatakan, bahwa asap rokokmengandung ribuan bahan kimia yang akan tinggal di permukaan dan banyak yang beracun hingga bersifat karsinogenik.

Selain itu, satu tempat yang selalu terpapar bahan kimia, akan mengubah senyawa kimia tersebut menjadi berbahaya. Bahkan, jika sudah terpapar selama bertahun-tahun maka berisiko kanker, asma, masalah pada paru-paru dan iritasi di tenggorokan serta mata.

Seperti diketahui, asap rokok bisa diserap ke semua permukaan yang berpori. Selanjutnya, zat beracun tersebut akan menetap di semua perabot rumah tangga yang terkontaminasi.

"Kami benar-benar terkejut dengan betapa kuatnya kontaminasi di rumah, bahkan setelah beberapa bulan orang berhenti merokok di dalam rumah," papar ilmuwan kesehatan lingkungan, dokter Penelope Quintana.

Tentunya, merokok di dalam rumah membahayakan kesehatan anak-anak yang kerap bermain di sofa dan karpet rumah. Anak-anak tersebut otomatis menjadi perokok ketiga atau tidak merokok dan tidak terpapar asap rokok secara langsung namun terpapar zat beracun dari asap rokok yang menempel di perabotan rumah.

Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa orangtua yang merokok di halaman rumah juga membahayakan anak-anak. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika membeli rumah bekas perokok.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-06 00:15