Ingin Kuliah Sambil Bekerja Full Time? Pikirkan 4 Poin Ini

Posted on 2016-02-04 00:17



CATATAN UANG - Pendidikan dan pekerjaan adalah dua aspek yang sangat penting dalam kehidupan kita dan hampir setiap orang berharap dapat mencapai kesuksesan serta pencapaian yang maksimal di dalam dua hal tersebut. Namun tak dapat dipungkiri bahwa tidak semua orang beruntung dan dapat menyelesaikan pendidikannya terlebih dahulu sebelum akhirnya terjun ke dunia kerja, banyak di antara para pekerja yang mengalami hal tersebut.

Berbagai macam alasan menjadi penyebab seseorang berpikir untuk kembali melanjutkan pendidikannya setelah bekerja, salah satunya adalah jenjang karir di perusahaan tempatnya bekerja yang mengharuskan orang tersebut harus memiliki gelar atau keahlian tertentu di dalam melaksanakan tugas-tugas dan mengemban jabatan tertentu yang akan diberikan oleh perusahaan. Hal tersebut tentu saja dapat dimaklumi, mengingat pesatnya perkembangan teknologi di dunia kerja dan ketatnya persaingan di antara para pekerja dan calon pekerja yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka di bangku perguruan tinggi.

Bahkan, sekarang juga sudah banyak orang yang memilih tetap bekerja penuh waktu sambil melanjutkan kuliah. Namun, bekerja full time sambil melanjutkan kuliah bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, cermati beberapa poin di bawah ini sebelum memutuskan untuk melakukan hal tersebut.

1. Sesuaikan Waktu Kuliah dengan Jam Kerja

Ini merupakan poin yang sangat penting untuk diperhatikan. Melanjutkan kuliah tentu saja merupakan sebuah pilihan yang sangat bijak, namun hal tersebut jangan sampai mengganggu aktifitas bekerja dan yang lainnya.

Sesuaikan jadwal kuliah dengan pola kerja di kantor agar tidak terjadi benturan jadwal di antara satu dengan yang lainnya yang tentu saja akan sangat merugikan dan mengganggu aktifitas secara keseluruhan. Saat ini banyak kampus yang memberi kemudahan jadwal kuliah bagi para pekerja, di antaranya dengan membuka kuliah kelas malam yang dimulai setelah jam pulang kantor dan kuliah di akhir pekan yang hanya dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu saja. 

4. Letak Kampus

Jarak kampus dengan tempat bekerja merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, terutama bagi yang bekerja di pusat kota dan identik dengan jam-jam macet di saat pulang kerja. Pilih kampus dengan lokasi terdekat ke tempat kerja atau setidaknya berada dalam area yang mudah untuk dijangkau, hal ini akan sangat membantu menghemat waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan di perjalanan menuju tempat kuliah.

Bila ternyata lokasi kampus cukup jauh dari tempat bekerja, maka kuliah di akhir pekan adalah pilihan yang tepat karena hal tersebut tidak akan mengganggu aktifitas bekerja sepanjang minggu.

3. Kebijakan dari Perusahaan

Tak ada salahnya membicarakan mengenai keputusan untuk melanjutkan kuliah dengan atasan di kantor, buat komitmen untuk tetap melanjutkan pekerjaan saat ini sambil kuliah, sekaligus membuat kesepakatan agar kantor dapat memberi toleransi di waktu-waktu tertentu saat ujian atau ada kegiatan penting lainnya di kampus.

Kuliah sambil bekerja mungkin bukanlah hal mudah untuk dilakukan, namun saat mendapatkan dukungan dari lingkungan kerja maka hal itu akan terasa lebih menyenangkan untuk dilakukan.

4. Biaya Kuliah

Hal terpenting yang harus menjadi pertimbangan utama saat akan melanjutkan kuliah adalah mengenai biaya kuliah itu sendiri. Pada dasarnya orang yang telah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri tentu saja ingin melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri pula, karena itu penting untuk menghitung biaya keseluruhan yang akan dikeluarkan selama kuliah.

Mulailah Hitung Biaya Kuliah Anda

Dengan melanjutkan pendidikan, seseorang akan memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih sebuah jabatan yang lebih tinggi dari kedudukannya saat ini, hal ini tentu saja akan diiringi dengan bertambahnya penghasilan yang akan diperoleh dari perusahaan. Sekarang, mulailah menghitung dan menyesuaikan biaya kuliah dengan penghasilan tetap yang didapatkan setiap bulannya, sesuaikan persentase penghasilan yang akan disisihkan sebagai biaya kuliah.

Tabung dan pisahkan biaya kuliah pada tabungan tersendiri setiap bulannya, hal ini sangat penting untuk mencegah tercampurnya biaya kuliah dengan uang tabungan lainnya karena bagaimanapun biaya kuliah tentu saja akan menjadi biaya tetap yang akan dikeluarkan setiap bulannya selama beberapa tahun ke depan jadi tidak ada salahnya untuk membuka rekening tersendiri untuk ini.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-03-15 17:39
Posted on 2016-02-01 14:09