Ingin Berbisnis Franchise? Perhatikan 5 Hal Ini

Posted on 2016-02-04 00:22



CATATAN UANG - Berbisnis merupakan sebuah hal yang akan sangat menyenangkan untuk dicoba. Hal ini bisa dipahami, mengingat memiliki bisnis sendiri akan mendatangkan berbagai keuntungan di dalam hidup Anda, seperti:

-Kemapanan dalam segi finansial. Bila anda memiliki bisnis sendiri tentu saja Anda dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang lebih besar bila dibandingkan dengan bekerja pada orang lain. Hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi keuangan Anda.

-Kemampuan mengelola bisnis sendiri. Secara otomatis Anda akan belajar banyak dan mengasah kemampuan bisnis Anda dengan lebih maksimal.

-Kemandirian. Dengan memiliki dan mengelola bisnis sendiri, Anda juga akan lebih mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan yang akan menjadi modal besar bagi anda dalam mengembangkan potensi di dalam diri Anda.

Bila ternyata hal di atas telah membuat Anda tertarik dan mantap untuk menjalankan sebuah bisnis, maka tak ada salahnya untuk memulainya dari bisnis yang kecil dahulu sebagai permulaan. Anda juga dapat memilih membeli franchise sebagai alternatif lain dari bisnis yang ingin anda jalankan, karena bisnis franchise akan memberi Anda banyak sekali kemudahan dalam pengelolaannya.

Namun anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum memutuskan untuk memilih sebuah bisnis franchise:

1.Kenali Pemilik dan Manajemen Perusahaan Franchise

Perlu untuk selalu Anda ingat bahwa karakteristik bisnis akan terlihat dari karakter pemilik atau manajemannya. Sebuah bisnis dibangun dengan cara menerapkan segala macam kebijakan dan ketentuan yang pada dasarnya diambil oleh pemilik maupun manajemennya, hal ini akan terus berlangsung dan berjalan seiring dengan perkembangan bisnis yang mereka jalankan. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa sebuah bisnis akan menggambarkan bagaimana kepemimpinan seorang pemilik atau manajemen yang menaunginya.

Saat Anda akan memilih sebuah bisnis franchise, pastikan Anda telah yakin akan segala sesuatunya, perhatikan dan cermati bagaimana pemilik bisnis atau manajemen mereka bekerja dan menjalankan bisnis mereka selama ini. Bagaimanapun memilih dan membeli sebuah franchise adalah sebuah rencana panjang dalam bidang keuangan Anda, karena itu Anda wajib untuk benar-benar yakin dengan pilihan yang akan anda ambil.

2. Lihat Potensi Pasar dan Peluang Pertumbuhan Bisnis

Jangan buru-buru saat akan membeli sebuah bisnis franchise, lihat dan cermati dengan seksama potensi pasar dan peluang pertumbuhan bisnis yang akan Anda beli. Tinjau dan lakukan berbagai macam tes untuk melihat segala prospek yang bisa diolah dan jangan terpaku hanya pada informasi yang anda dapatkan dari pemilik / manajemen bisnis tersebut.

3. Harga Murah Bukanlah Segalanya

Jangan terfokus hanya pada harga, tetap perhatikan dan fokuslah pada ROI. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena hal pertama yang harus Anda capai dalam bisnis adalah Return On Investment (ROI). Anda harus yakin dapat mencapai ROI dalam kurun waktu tertentu yang anda tentukan.

4. Miliki Data Pendukung Sebanyak Mungkin

Penting bagi Anda untuk memiliki data dan informasi sebanyak mungkin, hal ini akan sangat membantu anda dalam berinvestasi positif dan menghasilkan. Datangi dan tanyai orang-orang yang telah memiliki bisnis franchise tersebut sebelum Anda mulai menggeluti bisnis tersebut. Jangan ragu untuk bertanya, karena mereka sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak ketika terjun ke bisnis yang mau Anda ikuti.

5. Ketahui dan Kenali Bisnisnya dengan Seksama

Akan sangat penting untuk selalu anda ingat bahwa di dalam bisnis franchise anda dilarang melakukan improvisasi sendiri dan tetap ikuti segala aturan bisnis yang telah diterapkan oleh pemilik atau manajemennya. Kalau ingin melakukan improviasi sendiri, lebih baik lakukan bisnis secara mandiri tanpa terikat franchise.

Bisnis Itu Tidak Mudah, Tapi Menarik Dijalankan

Perlu untuk selalu diingat, bahwa memiliki dan menjalankan bisnis sendiri bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk dapat menjalankan sebuah bisnis, terutama bagi anda yang masih pemula dan baru akan mencoba berbisnis untuk pertama kalinya. Beberapa hal yang patut anda pikirkan sebelum memulai bisnis adalah jenis bisnis yang anda inginkan. Ini adalah hal utama yang penting untuk anda pikirkan, pastikan anda menjalankan bisnis yang sudah kenal atau sesuai dengan kepribadian, sebab akan sangat sulit untuk menjalankan bisnis yang sama sekali asing dan tidak ketahui dengan baik.

Kemudian, yang paling penting adalah jumlah modal yang anda miliki. Akan sangat penting untuk menghitung dan menyesuaikan bisnis dengan jumlah modal yang anda miliki. Jadi, siap berbisnis franchise?








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-23 14:07