Hindari Hal Ini Jika Tak Ingin Punya Bau Mulut Mengganggu

Posted on 2016-01-25 16:14



CATATAN UANG - Bau Mulut adalah masalah yang tidak bisa dianggap remeh. Terutama jika bidang kerja Anda berhubungan dengan banyak orang, kesegaran napas dan mulut tentunya menjadi sesuatu yang wajib dijaga. Namun, sebenarnya apa saja penyebab mulut kita punya aroma tak sedap?

Dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya bau mulut. Sesuatu yang berasal dari dalam maupun luar rongga mulut. Mereka adalah:

Penyakit sistemik

Bau mulut dapat terjadi karena penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan hati.

Kebersihan mulut yang buruk

Efeknya, jumlah bakteri banyak dalam mulut dan permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut.

“Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut,” ujar Rahajeng.

Xerostomia (mulut kering)

Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah, sehingga produksi air liur menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut, juga dapat menyebabkan mulut cenderung lebih kering.

“Kebiasan merokok dan riwayat maag, alias sering makan tidak teratur juga bisa menjadi penyebab mulut beraroma tak sedap,” ujar dokter itu.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-03-08 23:07
Posted on 2016-01-31 01:05