Hindari 5 Sikap Ini di Tempat Kerja

Posted on 2016-03-15 17:39



CATATAN UANG - Hati-hati dengan bahasa tubuh, karena terkadang apa yang Anda perlihatkan melalui gestur lebih bisa dilihat ketimbang apa yang Anda katakan secara lisan.

Di tempat kerja, Anda tentunya dituntut untuk bersikap profesional, terutama dalam berperilaku. Jangan sampai hanya karena bahasa tubuh yang Anda anggap biasa, Anda malah dicap buruk oleh rekan kerja dan atasan.

Berikut ini adalah beberapa bahasa tubuh yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat di kantor.

Postur Bungkuk

Banyak hal yang bisa menyebabkan Anda melakukan bahasa tubuh seperti ini. Bisa jadi energi Anda sedang rendah atau pekerjaan yang menumpuk membuat Anda lelah.

Namun berdiri dengan postur bungkuk atau duduk dengan bersandar jauh ke belakang, membuat Anda terkesan tidak peduli atau malas.

Paling penting, jangan lakukan postur ini saat Anda berada di dalam rapat, saat atasan berbicara pada Anda, atau saat wawancara kerja.

Cobalah untuk berdiri atau duduk dekat. Saat orang berbicara dengan Anda, tak ada salahnya mencondongkan sedikit badan Anda ke arah orang tersebut.

Memainkan Obyek Tertentu

Terkadang ada kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa menunjukkan kesan yang buruk, salah satunya adalah memainkan obyek tertentu saat orang lain berbicara pada Anda.

Bisa saja Anda sibuk melihat ke arah ponsel untuk sekadar scrolling foto-foto di Instagram, memainkan pulpen, memainkan rambut Anda, atau menggigiti kuku.

Sebaiknya hindari bahasa tubuh seperti itu, karena bisa membuat citra Anda tampak buruk di tempat kerja.

Melipat Tangan di Depan Dada

Berdiri atau duduk dengan melipat tangan di depan dada bisa memberikan kesan defensif. Jika Anda melakukan bahasa tubuh ini saat berbicara dengan orang lain, bisa juga terkesan Anda kurang tertarik dengan apa yang dia bicarakan atau apa pun pendapat orang itu tidak akan berarti bagi Anda.

Sebaiknya, saat berbicara dengan rekan kerja, bos, atau klien, simpan kedua tangan Anda di samping tubuh atau jika Anda sedang duduk letakkan kedua tangan di atas paha.

Jabat Tangan Lemah

Saat Anda berkenalan dengan seseorang untuk keperluan profesional, jangan memberikan jabat tangan yang lemah atau sekadarnya.

Kesan yang timbul adalah Anda terkesan lemah, tak punya ambisi, pemalu, pasif, atau bahkan tak punya rasa percaya diri.

Jabat tangan yang kuat, terutama ketika Anda akan wawancara kerja, biasanya memberikan kesan yang positif. Namun pastikan pula jabat tangan kuat itu tidak meremas tangan lawan bicara Anda hingga mereka kesakitan.

Cukup tunjukkan bahwa Anda punya rasa percaya diri yang tinggi dan memiliki sikap yang mudah didekati.

Memutar Bola Mata

Anda mungkin merasa gestur ini lucu atau sekadar lelucon, tapi bisa jadi bahasa tubuh tersebut berakibat buruk pada karier Anda.

Memutar bola mata saat seseorang bicara pada Anda memberi kesan Anda meremehkan pembicaraannya, Anda tidak peduli, atau bahkan Anda bosan.

Sebaiknya jaga kontak mata dengan lawan bicara Anda. Meskipun Anda bosan, jangan pernah meremehkan siapa pun yang Anda ajak bicara.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-04 00:47
Posted on 2016-02-07 00:45