Hati-hati! 5 Penyakit Mematikan di Musim Hujan

Posted on 2016-02-10 13:41



CATATAN UANG - Hujan terus mengguyur. Selain menyebabkan banjir, hujan juga memicu tubuh rentan berisiko terserang berbagai macam penyakit. Parahnya, penyakit tersebut tidak hanya flu atau demam, melainkan penyakit mematikan.

Lantas apa saja penyakit mematikan di musim hujan? Berikut ulasannya yang dilansir dari Boldsky.

1. Tifus
Selama hujan, air tanah mudah terkontaminasi virus dan bakteri. Agar terhindar dari tifus, pastikan Anda memasak air yang dikonsumsi secara matang atau hindari mengonsumsi air yang tidak dimasak.

2. Penyakit kuning
Tak banyak orang yang mengetahui, penyakit kuning atau hepatitis bisa terjadi saat musim hujan. Pastikan Anda mengonsumsi air dan makanan yang bersih dan hindari mengonsumsi makanan yang dijual pedagang kaki lima. Tidak hanya itu, untuk membunuh kuman, cuci sayuran dalam air garam.

3. Demam berdarah
Genangan air merupakan tempat berkembangnya nyamuk. Terutama nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Idealnya bersihkan selokan rumah setiap hari.

4. Malaria
Serangga dan nyamuk akan menularkan virus melalui air yang memicu terjadinya penyakit malaria. Meski penularan malaria di Indonesia telah menurun, pastikan Anda tetap waspada dan hidup sehat.

5. Chikungunya
Selain menyebabkan demam berdarah, nyamuk aedes aegypti juga memicu penyakit chikungunya. Adapun gejalanya tak jauh berbeda dengan demam berdarah, yaitu demam tinggi, nyeri sendi dan sakit kepala parah.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-23 01:44