Gerhana Matahari Total, BMKG: Mentawai Diprakirakan Hujan

Posted on 2016-03-07 00:27



CATATAN UANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Padang memprediksi sebagian besar wilayah di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, berpotensi diguyur hujan saat gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016.

"Dari liputan awan, Mentawai hampir setiap hari berpotensi hujan, termasuk saat terjadinya gerhana matahari," ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padang Budi Iman Samiaji, Sabtu, 5 Maret 2016.

Menurut dia, hujan berpotensi terjadi pada pagi hari. Hujan ringan berpotensi terjadi di Mentawai sekitar 70 persen, termasuk di Pulau Pagai Selatan, yang pada 9 Maret mendatang akan dilewati GMT. Sedangkan liputan awannya 30-50 persen.

Sedangkan Pulau Siberut dan sebagian Pulau Sipora berawan di atas 70 persen. Di dua pulau ini, gerhana matahari hampir total. 

"Kalau sore dan malam, bisa hujan lebat dan disertai petir," ujarnya.

Pesisir Selatan yang juga dilewati GMT cenderung berawan. Potensi hujan ringan sebesar 30 persen.

Gerhana matahari yang bakal terjadi pada 9 Maret mendatang bisa dilihat di semua daerah di Sumatera Barat. Namun yang dilewati GMT hanya Pulau Pagai Selatan, Mentawai, dan Kecamatan Silaut, Pesisir Selatan. 










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-24 17:36