Gantikan Manusia, Teknologi Robot Ini Bakal Dominasi Dunia Kerja

Posted on 2016-01-25 04:38



CATATAN UANG - Apa yang akan terjadi nanti bila sumber daya manusia bakal diganti seluruhnya dengan robot. Yap, mungkin inilah gambaran masa depan nanti. Di mana, robot bakal ambil kendali pekerjaan manusia di bumi. Lha terus, kita para manusia harus bagaimana dong kalau itu memang benar-benar terjadi?

Yap, sebuah pertanyaan yang bagus soal bagaimana kelanjutan nasib manusia yang harus bersaing mendapatkan pekerjaan dengan para mesin tak bernyawa ini. Sebabnya, bisa jadi perusahaan skala besar nantinya juga bakal memprioritaskan tenaga kerja praktis yang tak butuh waktu istirahat ini.

Wah, repot juga kan kalau begitu? Apalagi baru-baru ini, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang perhotelan di Nagasaki, Jepang sudah mencoba mengujicobakan teknologi tersebut. Tak tanggung-tanggung, beberapa tipe pekerjaan di hotel itu sudah digantikan oleh beberapa robot, seperti dilansir melalui Dailymail.

Termasuk, robot resepsionis, penyambut tamu yang bakal melepas dan menggantung jaket tamu, robot bagian kebersihan dan robot pelayanan kamar yang bakal memberi handuk dan cokelat. Hotel yang bakal dibuka dengan nama ‘Strange Hotel’ ini bakal dibuka dan beroperasi pada musim panas tahun ini.

Bayangkan saja, sudah berapa banyak kesempatan bekerja yang bakal hilang jika semua hotel atau perusahaan lainnya memilih tenaga otomatis tinggal mengatur mode pilihannya saja itu? Jelas bakal banyak kan? Apalagi, sebuah analisa yang diprediksi oleh salah satu perusahaan menyatakan bahwa Inggris dan negara-negara maju lainnya bakal lebih banyak menggunakan teknologi otomatis tersebut.

Sehingga, tak heran saja kalau dalam 20 tahun ke depan 35% pekerjaan manusia bakal diganti dengan robot. Apakah kita perlu khawatir dari sekarang? Kebanyakan ilmuwan bilang memang kita tidak perlu khawatir dengan kondisi itu di masa depan.

Sebabnya, manusia harus merasa beruntung karena terhindar dari pekerjaan dan rutinitas yang membosankan. Tapi, dengan adanya robot otomatis lahan pekerjaan juga berkurang pelan-pelan. Dan saat ini saja sudah bisa terlihat kan efeknya. Bagaimana komentarmu dengan kenyataan yang bakal kita hadapi di masa depan ini?

 








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-03-13 11:43
Posted on 2016-01-31 01:02