FOTO: Inilah Lembar Jawaban Anti Nyontek di Dunia, Bikin Pusing!

Posted on 2016-01-26 00:21



CATATAN UANG - Ada sebuah hal yang pasti dilakukan minimal sekali dalam seumur hidup sebagai seorang pelajar. Apakah itu? Benar sekali kalau kamu menjawab mencontek. Yap, saat kamu masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, mencontek adalah perbuatan curang yang sudah jadi rahasia umum sering dilakukan.

Apalagi jika kamu tengah melakukan ujian dengan soal-soal pilihan ganda. Pusing mencari jawaban, kamu pasti menanti rekan di depan, belakang atau di sampingmu tak sengaja (atau sengaja?) memperlihatkan lembar jawaban komputer (LJK) mereka supaya bisa kamu salin di LJK milikmu. Bukan hal yang sulit menyalin LJK temanmu, karena jawaban yang berbentuk bulatan hitam itu bisa membuatmu menebak apakah A, B, C, D atau E secara mudah dan cepat.

Soal ujian dengan tipe tes pilihan ganda ini memang bak pedang dua sisi. Di satu sisi, ujian tipe seperti ini mempermudah guru dalam mengevaluasi ratusan murid karena dikoreksi lewat komputer. Namun di sisi lain, tes pilihan ganda dengan LJK begitu rentan terhadap aksi mencontek massal dan jawaban ngawur.

Mencoba memberikan solusi, sebuah universitas di Bangkok, Thailand sana pun memperkenalkan sebuah LJK tes pilihan ganda dengan penampilan baru yang dijamin bikin siswa pusing. Bagaimana tak bikin pusing, karena kolom jawaban di LJK ini berbentuk melingkar bukan baris seperti LJK pada umumnya.

Dengan kolom jawaban melingkar, maka bisa dipastikan kalau kamu akan kesulitan mencontek dan melihat jawaban rekan di depan, samping atau belakangmu. Bagaimana mau mencontek, matamu bakal berakomodasi maksimal dan pusing sendiri untuk menemukan jawan soal nomer 10, 24 atau 38 lantaran melingkar begitu. Sehingga selamat datang pada hari-hari kelabu siswa yang doyan mencontek.

Berbagai komentar pun diberikan kepada LJK dengan format melingkar ini. Beberapa di antaranya seperti, ‘Mungkin ini bisa mencegah aksi mencontek. Tapi bakal sangat aneh kalau kamu mengisi LJK seperti ini’ dan ‘Ini akan menyulitkan siswa tukang contek. Tapi kalau memang demi kejujuran, tak masalah’. Nah, kalau pendapatmu gimana?








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-03-03 00:07