Cegah Cacat Akibat Virus Zika, Wanita Disarankan Tak Hamil Dulu

Posted on 2016-02-03 00:12



CATATAN UANG - Mencegah bayi lahir cacat akibat virus zika yang sedang melanda wilayah Amerika Latin serta Karibia, pejabat beberapa negara wilayah tersebut menyarankan kaum wanita untuk tak hamil dulu. Empat negara yang memberi rekomendasi penundaan kehamilan itu adalah Kolombia, Ekuador, El Salvador dan Jamaika.

Virus yang belakangan menimbulkan kepanikan tersebut memang ditengarai menjadi sebab janin yang dikandung sebagian wanita mengalami disabilitas saat lahir. Kasus terbanyak saat ini terjadi di Brasil, dengan peningkatan jumlah bayi lahir mengalami microcephaly.

Microcephaly adalah kondisi penyusutan otak dan kepala yang terjadi secara abnormal. Tercatat sebanyak hampir 4000 kasus bayi lahir dengan kondisi tersebut sejak Oktober di Brasil.

Terkait kasus tersebut, bahkan Amerika Serikat pun mengeluarkan travel warning untuk kaum wanita yang sedang hamil, agar menjauhi wilayah Amerika Latin serta 20 negara lain yang sudah ditemukan kasus virus zika.

Virus zika ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty, dari manusia yang terinveksi ke manusia lain. Nyamuk itu juga yang membawa penyakit DBD serta demam kuning, sehingga cara pencegahannya melalui pemberantasan nyamuk tersbeut.

Yang menyulitkan adalah, manusia yang sudah terinfeksi virus zika kadang tak tahu bahwa dirinya juga memiliki bibit penyakit tersebut. Gejala yang muncul hanya seperti sakit flu biasa, demam dan ruam namun lebih banyak lagi orang tak merasakan gejala apapun. Virus ini pertama kali dijumpai di Afrika tahun 1940-an, namun kini sudah menyebar hingga Amerika Latin.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-31 01:29