Bursa Kerja Digelar di Semarang, Tawarkan 2.000 Lowongan

Posted on 2016-03-02 23:56



CATATAN UANG -  Sebanyak 2.000 lowongan kerja dibuka secara umum melalui bursa kerja yang diselenggarakan oleh Quantum Mitra Utama di Gedung Wanita Semarang. "Total perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini ada 36, kebanyakan dari dalam Kota Semarang," kata perwakilan Quantum Mitra Utama yang bertindak sebagai penyelenggara atau "event organizer" (EO) Hartoyo di Semarang, Rabu, 2 Maret 2016.

Menurut dia, kebanyakan perusahaan yang mengikuti bursa kerja tersebut bergerak di sektor perbankan, industri makanan, perusahaan sekuritas, dan perusahaan elektronik.

Sedangkan jenis pekerjaan yang ditawarkan ada bermacam-macam, mulai dari bidang pemasaran hingga tingkat manajer. Meski membuka banyak lowongan kerja, Hartoyo mengatakan perusahaan-perusahaan yang mengikuti bursa kerja tersebut tetap melaksanakan seleksi.

"Dari total kebutuhan ini tidak semua dapat dicukupi melalui sekali pelaksanaan bursa kerja. Dari yang sudah-sudah, jika pelamar mencapai 3.000-4.000 orang, yang lolos seleksi sekitar 500 orang saja," katanya.

Sedangkan dari sisi latar belakang lulusan yang dibutuhkan, kebutuhan paling banyak adalah dari D3 ke atas. Hartoyo mengatakan, jika dipersentase 70 persen kebutuhan tenaga kerja dari lulusan D3 ke atas, sedangkan sisanya adalah lulusan SMA/SMK.

Seperti halnya pada bursa kerja sebelumnya, Quantum sendiri menargetkan jumlah pengunjung pada bursa kerja yang dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Maret ini bisa mencapai 4.000 pengunjung.

Sementara itu, Hartoyo mengatakan jika dibandingkan dengan beberapa kota besar lain yang juga digunakan sebagai lokasi pelaksanaan bursa kerja, antusiasme masyarakat Semarang tidak sebesar kota lain.

"Kalau dikelompokkan, untuk Kota Semarang ini termasuk di tengah-tengah. Meski demikian, kualitas lulusannya tetap sama baik dengan kota lain, katanya.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-04 00:40