Berapa Durasi Olahraga yang Tepat Untuk Kesehatan?

Posted on 2016-03-20 11:45



CATATAN UANG - Kegiatan olahraga kini menjadi gaya hidup masyarakat urban.

Beberapa selebritas rutin mengunggah kegiatan berolahraga di instagram, seperti Dian Sastrowardoyo. Tertarik mengikuti tren ini? Sebaiknya perhatikan terlebih dulu saran dokter olahraga berikut ini. 

"Jangan melakukan olahraga hanya berdasarkan tren dan meniru orang lain," tutur dokter Andi, alumni Ilmu Kedokteran Olahraga Universitas Indonesia ini.

Dia menyarankan seseorang yang tidak terbiasa berolahraga, sebaiknya memperhatikan beberapa hal.

Pertama, tidak melakukan olahraga dengan durasi yang panjang. Ini untuk meminimalkan resiko cedera yang mungkin timbul. Cedera dapat terjadi, karena otot tidak terkondisikan untuk melakukan olahraga, tetapi kemudian dituntut untuk bekerja lebih keras. Akhirnya dapat terjadi cedera.

Kedua, mulailah dengan jarak pendek terlebih dulu. Selanjutnya, dapat dilakukan secara berulang dengan menambah jarak. Jika sudah beradaptasi dengan aktivitas olahraga, Anda dapat mulai menambah durasi.

Andi menyebut,  Anda dapat meniru kegiatan para selebritas yang doyan olahraga lari, seperti Adinia Wirasti. Nah, Anda dapat memulainya dengan berjalan kaki terlebih dulu.

Hari pertama dapat dilakukan dengan mengelilingi komplek rumah sebanyak satu kali. Pada hari berikutnya, Anda dapat menambah durasi mengelilingi komplek rumah sebanyak dua kali.

Setelah durasi terpenuhi, Anda dapat menambah kecepatan berlari. Misalnya, jika sekali mengelilingi komplek rumah membutuhkan waktu 10 menit, maka Anda dapat menambah kecepatan berlari agar cukup 8 menit. Hari berikutnya, cobalah mengelilingi dua komplek dengan waktu 16 menit.

"Tahapan itu yang perlu dilakukan," sarannya.










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-31 00:57
Posted on 2016-02-06 00:13
Posted on 2016-01-28 00:37