Berada Tempat Kerja Bikin Orang Tidak Bahagia

Posted on 2016-02-17 00:48



CATATAN UANG - Sebuah survei di Inggris mengungkapkan, berada di tempat kerja adalah hal yang tidak membahagiakan. Selain itu, sakit juga membuat orang tidak bahagia. 

"Walau kita harus bersikap positif mengenai pekerjaan kita, apalagi hal itu memberi makna dan tujuan dalam hidup, serta tentunya memberi penghasilan, tapi bekerja ternyata memberi dampak psikologis," papar pakar ekonomi di Universitas Sussex, Dr.George MacKerron.

Bahkan, ketidakbahagiaan ini dirasakan oleh banyak orang di dunia. Dilansir dariMedical Daily, survei yang dilakukan oleh Gallup menemukan beberapa faktor seseorang merasa tidak bahagia di tempat kerjanya.

Sejumlah responden mengaku merasa tidak bisa menggunakan bakat dan kekuatan mereka di tempat kerja. Selain itu, tekanan di tempat kerja juga kerap memicu terjadinya stres dan rasa cemas.

Untuk mengetahui seberapa besar seseorang merasakan bahagia dalam waktu tertentu, MacKerron dan timnya membuat aplikasi yang disebut dengan Mappiness. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010, aplikasi tersebut sudah dipakai ribuan orang untuk memonitor kebahagiaan penduduk di Inggris.

Aplikasi ini bekerja dengan mengirimkan notifikasi pada pengguna ponsel sekitar lima kali dalam sehari. Mereka juga memberikan survei singkat untuk mengukur tingkat kebahagiaan, rasa awas, serta rileksasi. Dalam survei itu ditanyakan pula apa yang sedang dilakukan, di dalam atau luar ruangan, serta bersama siapa.

Survei ini juga menemukan bahwa mengantre, mengatur keuangan, duduk dalam ruang rapat atau ruang kelas dan dalam perjalanan menuju serta dari tempat kerja juga bisa memicu seseorang merasa tidak bahagia. Sementara, hubungan seksual dinilai sebagai kegiatan yang bisa memberikan kebahagiaan.










Cerita Unik Lainnya