Begini Cara Alfian Raup Ratusan Juta per Bulan di Usia 20 Tahun

Posted on 2016-04-29 10:46



Alfian Pamungkas Sakawiguna, termasuk salah satu pengusaha sukes sejak usia belia. Bagaimana tidak, di usia 20 tahun sudah bisa penghasilannya mencapai ratusan juta rupiah.

Uang itu diperoleh usai dia mendirikan perusahaan web hosting. Perusahaan ini melayani jasa domain register, Cloud Hosting, Server (VPS dan Dedicated Server).

Meski bukan dari kalangan keluarga pengusaha, namun jiwa wirausaha Alfian sudah tumbuh sejak usia belasan tahun. Saat masih duduk di bangku SMP dia mampu mendirikan warnet (warung internet) di kampung halamannya, Sukabumi, Jawa Barat. Tentu saja mendirikan warnet itu dibangun dengan modal sendiri, tanpa uang dari orang tua. 

"Modal digunakan hasil dari berjualan pulsa," kata Alfian kepada Money.id beberapa waktu lalu.

Warnet tersebut sukses, karena saat itu di kampungnya akses internet sangat sulit dijangkau. Semua anak muda seusianya berbondong-bondong ke warnet milik Alfian supaya bisa berinteraksi di dunia maya. Pund-pundi rupiah pun mudah didapat dari usaha tersebut.

"Saya mendapatkan penghargaan dari kominfo sebagai finalis duta internet sehat dan aman 2013," jelasnya. Dari buka warnet itulah, Alfian belajar banyak tentang dunia komputer dan jaringan.

Kecintaannya pada komputer dan informasi teknologi (IT) tumbuh sejak kecil. Saat itu dia kerap dimarahi orangtua karena selalu berada di depan komputer hingga larut malam. Saat itu orangtuanya yang berprofesi sebagai guru menganggap Alfian tidak pernah belajar karena jarang memegang buku.

"Saat itu mereka selalu memarahi saya apabila saya di depan komputer sampai larut malam. Mungkin karena khawatir masalah kesehatan juga," ucap Alfian.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan kecintaannya terhadap dunia IT, Alfian terus belajar. Karena kecintaannya itu, selepas lulus SMA, tepatnya pada 2014 memilih masuk Telkom University di Bandung, Jawa Barat.

Sambil kuliah, kemudian Alfian mendirikan PT Cloud Hosting Indonesia. Dia mengaku, mempelajari bidang Web Hosting Provider sebelum masuk kuliah, tepatnya sejak lima tahun lalu. Alasan dia belajar bidang itu sangat sederhana, yakni karena melihat potesi kebutuhan aplikasi dan website semakin besar.

"Jujur saja dahulu saya memulai ini dengan modal 0 rupiah, bahkan ketika belajar hal yang berbayar saya mencoba menyisipkan sedikit uang dengan berpuasa, investasi lebih banyak di waktu," terangnya.

Pengorbanan Alfian tidak sia-sia meski demi buka usaha harus mengurangi uang jajan, namun hasilnya luar biasa. Saat ini omzet PT Cloud Hosting Indonesia sudah mencapai ratusan juta per bulan.

Namun, hal tersebut tidak langsung membuatnya bangga. Alfian terus mengembangkan bisnisnya. Salah satu strateginya adalah dengan memanfaatkan media sosial dan menargetkan beberapa pasar untuk menggaet konsumen.

Melalui perusahaannya, Alfian juga melakukan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program Ekabima (Edukasi bangun Indonesia Maju). Program itu membuka website dan Google Apps gratis untuk sekolah yang ada di seluruh Indonesia.

Kemudian program lainnya adalah PRogram NGO Go Digital yang memberikan website dan Google Apps GRATIS untuk komunitas/Yayasan/NGO yang ada di Indonesia. "Harapannya bersama IDCloudHost memberikan dampak untuk Indonesia yang lebih baik," imbuhnya.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-01 14:11
Posted on 2016-02-05 00:27
Posted on 2016-02-04 00:40