Begini Cara Agar Rumah Aman Saat Liburan

Posted on 2016-02-02 00:21



CATATAN UANG - Siapa yang tak suka berlibur? Entah hanya sekadar ke tempat wisata yang hanya berjarak beberapa jam dari rumah, ataupun hingga luar negeri, semua pasti menyukai kegiatan ini. Namun sebelum berlibur, banyak hal yang harus dipersiapkan.

Persiapan berlibur tidak hanya berkutat pada akomodasi dan perlengkapan yang akan dibawa saja, melainkan urusan keamanan yang ada di dalam rumah.

Berdasarkan penelitian, sekitar 80 persen pencurian terjadi ketika rumah kosong. Jadi, cobalah untuk membuat rumah terlihat berpenghuni ketika Anda pergi berlibur.

Seperti misalnya memasang lampu otomatis yang menyala sepanjang malam dan redup di siang hari.

Lampu semacam ini sudah gampang didapat di toko-toko elektronik. Biasanya menggunakan timer atau sensor cahaya sehingga lampu bisa menyala dan padam secara otomatis.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah terlalu mengumbar kegiatan Anda saat berlibur dan dengan siapa saja Anda pergi, juga bisa menjadi bumerang tersendiri.

Siapa tahu, satu atau dua rekan sosial media Anda memberikan informasi kepada 

pihak lain, yang bisa jadi memiliki niat tidak baik terhadap rumah Anda.

Peralatan elektronik juga tak boleh luput dari perhatian. Terkadang para traveler lupa mencabut kabel dan piranti elektronik di rumah, sehingga tak jarang menyebabkan korsleting listrik yang berujung kebakaran. Anda tentu tak ingin musibah ini menimpa rumah Anda, kan?

Untuk itu sangat disarankan semua barang-barang berharga seperti perhiasan, uang, dokumen-dokumen penting seperti surat tanah, surat rumah, dan surat berharga lainnya disimpan ke dalam brankas. Jika ingin lebih aman, Anda bisa menitipkannya pada brankas di bank yang tentu saja memerlukan biaya sewa per tahun.

Namun bagi Anda yang menghuni sebuah rumah di lingkungan klaster atau townhouse, rasanya segi keamanan tak perlu dikhawatirkan lagi meski Anda meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Apalagi bila Anda tinggal di salah satu dari tiga perumahan berikut ini:

New Alba , alam sutera

Tak hanya soal kenyamanan, Klaster New Alba di Alam Sutera juga memberikan fasilitas keamanan kelas atas. Setiap perumahan di kawasan ini terpantau oleh sistem keamanan terpadu Alam Sutera Command Center (ASCC). Petugas keamanan berjaga lewat kamera CCTV maupun patroli selama 24 jam penuh.

Alam Sutera juga menyediakan panic button di sepanjang jalur utama Green Tunnel Alam Sutera. Warga yang tengah menghadapi situasi genting bisa berkomunikasi secara langsung dengan petugas ASCC lewat saluran ini. Dengan menekan panic button, bunyi sirene dan lampu darurat akan menyala, saat itu pula warga langsung terhubung dengan Response Team.

Selanjutnya, Response Team akan mengambil beragam tindakan sesuai tingkat kegawatan situasi, di antaranya dengan menghubungi polisi di kantor polisi terdekat.

Pasir Putih Recidences

Klaster yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Komp. Pasir Putih Residences, Batam, Kepulauan Riau, ini menghadirkan sebuah pos keamanan di pintu gerbang utama. Guna menjaga rasa aman dan tenang di hati penghuni yang kerap meninggalkan rumah untuk berlibur panjang, pengembang menyiapkan dua satpam pada pagi dan siang hari serta tiga orang satpam di malam hari.

Setiap tamu yang datang akan dimintai keterangan perihal rumah yang akan dikunjungi, nama orang yang akan ditemui, hingga tujuannya oleh petugas keamanan. Jika ada kurir yang hendak mengantarkan paket atau surat, petugas juga akan meminta identitas dan mencatatnya baru dipersilahkan masuk.

Untuk membedakan penghuni dan tamu yang masuk, pengembang memberi stiker tanda pengenal di setiap kendaraan milik penghuni baik itu pada motor atau mobil. Segi keamanan lainnya juga disalurkan lewat dinding pembatas perumahan setinggi 1,8 meter.

Madja Residences At Putri

Tiap rumah di Madja Residence at Puri menggunakan sistem satu pintu dan pagar penuh untuk keamanan yang maksimal. Anda juga tidak lagi merasa cemas jika bepergian jauh, karena sejumlah kamera CCTV yang beroperasi selama 24 jam nonstop dipasang di setiap sudut lingkungan.

Selain itu, jika ada tamu yang hendak berkunjung kerumah, sekuriti akan menghubungi penghuni terlebih dahulu guna memastikan penghuni tersebut memang memiliki kepentingan dengan sang tamu.

Madja Residence at Puri juga memiliki keunggulan yang membedakannya dengan kompleks perumahan lain di sekitar. Menggunakan Future Proof Technology, klaster hunian ini akan terkoneksi satu sama lain. Tiap rumah juga dipasangi teknologi fiber optik dari vendor IndiHome.

Fibre Optics Technology merupakan salah satu fitur rumah pintar (smarthome) milik Madja Residence, yang memungkinkan Anda untuk menonton televisi kabel, internet cepat dan video triple play di dalam rumah. Untuk memiliki salah satu unitnya, kocek yang harus Anda persiapkan adalah Rp 3 miliaran








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-28 00:07
Posted on 2016-01-23 01:28
Posted on 2016-01-23 02:38
Posted on 2016-02-06 00:26