Bahaya Tato Temporer untuk Kesehatan Kulit

Posted on 2016-02-05 01:00



CATATAN UANG - Di era sekarang tato menjadi salah satu sarana berekspresi yang telah diterima masyarakat luas. Tato kini juga tidak lagi diasosiasikan dengan penjahat dan preman.

Selain tato permanen yang dibuat dengan menusukkan jarum yang dibubuhi tinta khusus ke kulit hingga menyerupai gambar yang diinginkan, ada tato yang bisa dibuat secara temporer yang bisa hilang dalam beberapa waktu.

Meski tato temporer terkesan lebih aman karena bersifat sementara, ternyata tato temporer tidak menjamin dari bahaya kesehatan pada kulit.

Dilansir dari Indiatimes, tato temporer menggunakan tinta dari bahan henna yang dicampur dengan cat rambut yang mengandung phenylenediamine (PPD) yang berbahaya jika digunakan di permukaan kulit.

Dan efek jangka panjangnya pada kulit adalah munculnya jaringan parut pada kulit, perubahan struktur serta peningkatan kepekaan kulit terhadap sinar matahari.

Sementara itu, peneliti juga mengemukakan bahaya lain dari tato temporer, salah satunya penularan infeksi virus melalui jarum. Selain itu juga berpotensi membuat kulit menjadi alergi.










Cerita Unik Lainnya