Astaga, Ngaku Masuk Islam Buat Incar Sumbangan di Masjid

Posted on 2016-01-30 00:52



 CATATAN UANG - Saat ini modus kejahatan penipuan bisa berupa apa saja. Bahkan, pelaku tak segan-segan menipu dengan menggunakan kedok agama. Yang terbaru, seorang pria ditangkap setelah berpura-pura masuk Islam alias mualaf.

Pria 43 tahun berinisial AS itu harus mendekam di balik jeruji besi Polsek Cempaka Putih setelah melakukan penipuan di Masjid Jami’ Yarsi. Modusnya, AS pura-pura masuk Islam dan mengucapkan kalimat syahadat di masjid tersebut.

Pengurus masjid yang tak curiga menyambut kedatangan pria asal Sumatera Utara ini dengan hangat. Pada pukul 12.30 WIB, kemarin, AS dituntun mengucapkan kalimat syahadat sebagai syarat memeluk agama Islam.

Namun, tak lama kemudian pengurus masjid mendapat laporan dari komunitas mualaf terkait sepak terjang AS.

“Kita tangani karena mendapat penyerahan dari pihak Masjid Jami’ Yarsi,” kata Kanit Reskrim Polsek Cempaka Putih Iptu Bambang Santoso, dilansir dari Detik.

Dari pengakuan AS kepada petugas, dia sudah melakukan aksi penipuan menjadi mualaf itu sebanyak empat kali. Aksi itu dia lakukan di Masjid Raya Pondok Indah, Masjid Markas Marinir Cilandak, masjid di Bendungan Hilir dan terakhir ke Masjid Yarsi.

AS sengaja berpura-pura masuk Islam untuk mengincar uang sumbangan. Sebab, para jamaah masjid selalu memberikan sedekah kepada mualaf.

“Tersangka tidak meminta. Para jamaah masjid yang berinisiatif menyumbang,” terang Bambang.

Untuk sumbangan yang didapat AS dari jamaah Masjid Jami’ Yarsi saat itu terkumpul Rp 700 ribu. Atas perbuatannya, AS akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan.

“Sementara kita kenakan pasal penipuan. Namun tidak menutup kemungkinan akan berkembang ke pasal lainnya,” ujar Bambang.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-05-12 03:15
Posted on 2016-02-01 14:03
Posted on 2016-02-06 00:39