8 Ide Usaha untuk Karyawan yang Bermodal Kecil

Posted on 2016-02-04 00:26



CATATAN UANG - Hidup di jaman paceklik seperti sekarang ini tentunya anda akan membutuhkan banyak uang untuk menutupi semua pengeluaran Anda. Dimana pun anda bekerja, baik yang bekerja sebagai PNS, POLRI, dan karyawan biasa. Terutama bagi anda karyawan yang hanya memiliki modal pas-pasan.

Di dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa ide usaha untuk karyawan yang bermodal kecil, berikut ini ada contoh usaha bagi anda para karyawan yang hanya memiliki modal dengan kisaran di bawah Rp10 juta:

1. Menjual Pulsa Elektrik

Usaha ini cukup menjanjikan, karena hanya dengan minimal top up dana Rp500 ribu saja Anda sudah bisa berjualan pulsa elektrik. Anda bisa menawarkannya ke rekan kerja di kantor, saudara, teman, tetangga, atau bahkan untuk pemakaian konsumsi sendiri. Namun yang perlu diperhatikan jika ingin usaha Anda sukses, Anda harus disiplin dalam keuangan. Artinya Anda harus benar-benar memisahkan antara uang usaha dengan uang pribadi dan jika melakukan transaksi pembelian untuk diri sendiri, Anda harus tetap membayarnya.

2. Menjual Makanan untuk Sarapan

Bagi para karyawan yang bekerja full time di kantor, tentunya sudah tidak asing lagi dengan rutinitas pagi para karyawan. Rutinitas itu tentang mencari sarapan, karena tidak semua karyawan mampu untuk menyiapkan sarapan mereka sendiri. Anda bisa memulai usaha ini dengan membuka lapak kecil dengan meja kayu seadanya di depan rumah atau bisa juga menawarkan teman kantor Anda untuk dibawakan paket sarapan dengan menu pilihan mereka. Menu sarapan yang biasa disajikan seputar nasi uduk, nasi kuning, gorengan, mie atau bihun goreng, dan masih banyak makanan lainnya yang bisa Anda coba jajakkan.

3. Jasa Cuci Motor

Untuk membuka usaha ini, yang Anda perlukan hanya modal usaha dan garasi di rumah sendiri. Dengan menjamurnya kendaraan bermotor, maka usaha ini dijamin akan mendatangkan keuntungan buat Ada, namun Anda juga harus berani kompetitif dan kreatif dari segi pelayanan. Tidak harus turun tangan sendiri untuk mencuci motor, Anda bisa mempekerjakan orang lain untuk menjadi karyawan di tempat cuci motor itu.

4. Membuat Warkop Sederhana

Anda tidak selalu harus memiliki toko untuk membuka usaha ini. Cukup manfaatkan garasi dan peralatan memasak yang di rumah untuk membuka usaha warkop sederhana ini. Usaha ini cukup menjanjikan karena keuntungan yang bisa diperoleh akan berlipat-lipat dari modal awal usaha. Contohnya, modal kopi segelas Rp2.000 hanya dengan tambahan air panas untuk menyeduh secangkir kopi harganya meningkat menjadi Rp4.000. Dalam sekejap Anda sudah mendapatkan keuntungan 2 x lipat. Belum lagi jika Anda juga menyediakan beragam jajanan murah meriah yang enak.

5. Menjual Aneka Kue

Bagi Anda yang memiliki hobi membuat kue, cobalah untuk menyalurkan bakat itu untuk dijadikan usaha sampingan. Buatlah ragam kue yang bervariasi dengan harga yang kompetitif. Karena umumnya orang akan menyukainya kalau kue Anda enak dan murah meriah. Anda bisa memasarkan kue buatan sendiri itu kepada rekan kerja, tetangga, atau saudara.

6. Menjual Foto di Internet

Bagi Anda para karyawan yang memiliki hobi fotografi, cobalah untuk menjual hasil jepretan Anda secara online. Anda bisa memanfaatkan situs penjualan foto populer seperti Istockphoto.com, shutterstock.com, fotolia.com, dan stockfresh.com. Modal yang diperlukan hanyalah kamera digital dan koneksi internet. Murah meriah, tapi menguntungkan.

7. Membuat Blog

Membuat blog bukanlah pekerjaan iseng belaka, karena Anda bisa menghasilkan uang dari sana. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan blog sendiri, untuk tahap awal Anda bisa menggunakan layanan penyedia blog gratis seperti blogspot atau wordpress. Kemudian tuangkan pembahasan menarik untuk membuat artikel di blog Anda. Setelah blog Anda terkenal, mulailah untuk menjual ruang space iklan, dari sanalah Anda bisa menghasilkan uang dari blog tersebut.

8. Membuat Toko Online

Membuat toko online tidak selalu harus mengeluarkan biaya, karena Anda bisa memanfaatkan situs jejaring sosial untuk memasarkan produk dan kerjasama dropship dengan pihak agen. Hanya dengan modal internet, kesabaran, dan kreatifitas, Anda bisa mendapatkan selisih keuntungan dari barang dagangan online tersebut.

Masih Banyak Ide Usaha yang Lain

Sebenarnya masih banyak ide usaha untuk karyawan dengan modal kecil yang belum disebutkan dalam artikel ini. Namun, apapun yang menjadi pilihan ide usaha sampingan Anda, lakukan dengan tekun dan sabar agar bisa meraih hasil yang maksimal. Pastikan Anda mempelajari seluk beluk usaha sampingan sebelum melaksanakannya, selain itu juga jangan ragu untuk belajar dari orang yang sudah berpengalaman di bidang ini. Jadi, sudah siap untuk berbisnis?








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-02 00:29
Posted on 2016-02-01 01:33
Posted on 2016-02-22 13:51