7 Cara Kaya di Usia Muda

Posted on 2016-02-04 00:15



CATATAN UANG - Siapa bilang kesuksesan dan kekayaan hanya bisa diraih saat berusia tua? Anda pasti mengenal Mark Zuckerburg, sang pendiri Facebook, atau Steve Jobs, sang empunya Apple.

Mereka merupakan contoh dari sekian banyak orang yang berhasil sukses dan kaya di usia muda. Kesuksesan yang diperoleh tentu bukan hasil mendompleng popularitas orang tua. Sementara kekayaannya juga bukanlah hasil dari warisan atau menang lotre, tetapi kerja keras merintis usaha dari nol.

Sukses dan kaya di usia muda kini tak hanya sebatas mimpi belaka, tetapi bisa diwujudkan secara nyata. Meski belum banyak makan asam garam, namun ketekunan, kemauan untuk belajar, dan semangat yang terus berkobar bisa menjadi bahan bakar menuju puncak sukses dan kaya.

Siapa pun memiliki hak untuk bisa sukses dan kaya di usia muda, termasuk Anda tentunya. Bagaimana caranya? Berikut 7 cara untuk bisa kaya di usia muda.

1. Bekerja Keras

Hal ini harus senantiasa terpatri dalam diri agar selalu menjadi cambuk untuk terus bekerja dan berkarya. Kesalahan yang sering dilakukan oleh kaum muda adalah menyia-nyiakan kesempatan. Mereka pikir akan selalu ada kesempatan, jadi mumpung masih muda nikmati hidup dengan bersenang-senang.

Memulai usaha atau meniti karier di usia muda bukanlah penghalang untuk bisa menikmati hidup dan bersenang-senang. Justru itu dapat memberikan pengalaman, pengetahuan, dan juga pelajaran hidup yang baru. Memperoleh banyak tempaan di usia muda akan semakin memperkuat fundamen dan etos kerja, sehingga menjadikannya lebih tahan banting menghadapi segala tekanan dan persaingan.

2. Berdagang

Semua pengusaha bisa sukses dan kaya melalui berdagang yang dimulai dari skala kecil hingga berkembang menjadi besar. Dengan berdagang akan memperoleh selisih yang disebut dengan keuntungan, memang tidak selamanya terkadang juga mengalami kerugian. Namun, apabila strategi yang diterapkan bisa tepat sasaran, maka kemungkinan terjadinya kerugian bisa ditekan bahkan dihindari.

3. Tentukan Target Keuangan

Gunakan uang Anda secara bijak. Salah satu caranya dengan menentukan target keuangan. Apa yang ingin Anda capai baik dalam jangka pendek maupun panjang. Misalnya, Anda ingin memiliki rumah sendiri dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Jadikan keinginan tersebut sebagai target keuangan yang senantiasa memotivasi Anda untuk berhemat agar bisa mencapainya.

Meski tidak mudah, namun setidaknya dengan adanya target keuangan Anda bisa mengontrol pengeluaran, sehingga bisa tetap fokus pada target yang sudah ditentukan. 

4. Proteksi Diri dengan Asuransi

Siapa yang tahu kapan sakit dan musibah akan datang? Tak sedikit orang yang pernah berjaya dan mereguk kesuksesan mengalami keterpurukan ekonomi karena terkena musibah atau sakit. Hal ini terjadi karena tidak adanya proteksi terhadap kesehatan diri dan barang-barang berharga yang dimiliki. Nah, agar tidak mengalami hal itu, proteksi diri dan aset Anda dengan asuransi. Harus disadari bahwa biaya kesehatan dan recovery aset tak bisa dibilang murah, bahkan bisa saja menguras isi tabungan Anda.

5. Berinvestasi Sejak Dini

Berinvestasi di usia muda tentu akan lebih siap menghadapi kehidupan di masa mendatang yang lebih baik. Berbeda dengan tabungan, investasi mampu memberikan keuntungan yang lebih besar. Meskipun demikian, potensi risiko yang ditanggung juga besar. Oleh sebab itu, jika Anda termasuk dalam kategori orang yang menyukai tantangan dan berani mengambil risiko, investasi menjadi pilihan untuk bisa menikmati kekayaan di usia muda.

6. Berani Mengambil Keputusan

Anak muda harus memiliki karakter yang kuat, pantang menyerah, dan yang penting punya nyali. Jangan mau kalah dengan generasi tua, tentu dalam artian yang positif. Dalam berproses menuju tangga kekayaan pastilah tidak mudah, banyak rintangan yang harus dihadapi. Namun, kebulatan tekad dan berani mengambil keputusan menjadi ‘alat perang’ untuk menang dari segala rintangan. Jangan hanya berhenti di zona nyaman, terus beraksi untuk mencapai zona yang jauh lebih nyaman.

7. Terapkan Pola Hidup Sederhana

Jika ingin kaya di usia muda, maka berhematlah sejak dini. Tak perlu berpenampilan glamor, membeli barang-barang mahal, atau selalu makan di restoran, yang penting kebutuhan dasar Anda tercukupi. Penampilan memang penting, namun bukanlah prioritas karena kesuksesan dan kekayaan dapat dicapai dengan kualitas. Ingat, kesederhaan akan menciptakan kesahajaan.

Terus Berusaha, Capai Impian Anda

Kaya di usia muda bukanlah hal yang di luar logika. Kaya juga tidak selalu ddominasi oleh faktor keturunan. Kini, siapapun dan apapun latar belakang pendidikan, ekonomi dan sosialnya, asalkan memiliki kualitas, ketekunan, dan juga semangat tanpa batas niscaya dapat meraihnya. Muda kaya raya, tua leha-leha, mati masuk surga. Siapa mau?








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-01 01:22
Posted on 2016-02-06 00:32
Posted on 2016-02-06 00:13
Posted on 2016-02-05 00:57