5 Makanan buat Memperlancar Pencernaan Sehari-hari

Posted on 2016-02-08 00:55



CATATAN UANG - Pencernaan yang sehat adalah dapat buang air dengan teratur. Para peneliti telah berpendapat kondisi perut dapat berpengaruh besar pada kesehatan secara keseluruhan.


Untuk menjaga kondisi perut dengan menjaga gerakan usus besar adalah makanan yang dapat membantu permasalahan dalam pencernaan. 

Berikut disampaikan sejumlah makanan yang dapat melancarkan proses pencernaan Anda seperti dilansir dari situs Times of India.

1. Tangkai brokoli

Batang brokoli dengan atas daun bawang yang berserat, ujung belakang asparagus dan kulit apel mengandung serat yang tinggi. 

Kandungan serat tinggi sangat berfungsi untuk pencernaan yang sehat.

2. Jahe

Jahe sering disebut sebagai obat segala penyakit. Jahe dapat merangsang pencernaan, membantu untuk meringankan gas yang tidak nyaman dan rasa kembung diperut.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama kacang hitam merupkan sumber yang sangat baik untuk serat.

Setelah kacang-kacangan tersebut larut dalam tubuh karna dorongan air, bakteri sehat dalam usus memfermentasi serat menjadi asam lemak yang memiliki kesehatan yang cukup. Seperti melayani sebagai sumber energi untuk sel yang melapisi saluran usus.

4. Nanas

Buah nanas mengandung enzim pencernaan khusus yang disebut bromelain.

Bromelain dapat membantu mengolah protein sehingga mudah dicerna dan menyerap nutrisi. 

Enzim hebat ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi sakit perut dan rasa tidak nyaman dalam perut.

5. Yogurt

Pilihan yogurt yang mengandung bakteri sehat (strain) yang dapat meningkatkan gerakan usus dan membantu mempertahankan pencernaan yang sehat. 

Konsumsilah dengan berbagai buah-buahan yang segar dan hindari dengan campuran yang manis.

 










Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-03-15 17:39
Posted on 2016-02-02 00:29
Posted on 2016-01-25 04:57