4 Kiat Sukses Pemimpin Perusahaan

Posted on 2016-02-05 00:11



CATATAN UANG - Selain memiliki gaya kepemimpinan yang prima, para pemimpin atau CEO sebuah perusahaan biasanya juga memiliki ide-ide serta inovasi yang fantastis demi kemajuan perusahaan. Selain itu para pemimpin sebuah perusahaan juga wajib untuk melakukan kolaborasi dengan anggota tim dan tentunya memiliki trik cerdas untuk mendukung kemajuan perusahaan.

Poin-poin berikut ini adalah rahasia kesuksesan yang dimiliki oleh pemim[in perusahaan, yang bisa Anda ambil manfaatnya untuk peningkatan karier Anda.

1.Komunikasi yang lancar
Sebagai seorang pemimpin Anda wajib mengkomunikasikan semua pekerjaan, kendala hingga keinginan yang ingin dicapai dengan tim, pihak terkait di perusahaan hingga pelanggan Anda. Ungkapkan dengan jelas visi dan misi perusahaan serta bagaimana Anda sebagai pemimpin bisa menyalurkan ide serta cerita kepada publik dengan informasi yang lugas, tepat dan tentunya terpercaya.

2. Istirahat
Ketika Anda sedang diterpa masalaha atau adanya kendala terkait pekerjaan yang sulit untuk diselesaikan, cobalah cari suasana baru dengan cara berolahraga, istirahat hingga bersantai sejenak. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh New York Times, olah raga sejenak atau sekedar berjalan santai diluar kantor bisa mengembalikan kembali pikiran yang segar dan pastinya ide-ide kreatif untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk sekedar mengganti suasana kerja adalah, melakukan meeting atau pertemuan diluar kantor, atau sambil berjalan santai di taman atau di sekeliling kantor. Atur waktu sekitar 30 menit untuk berada di luar kantor, mengumpulkan ide kemudian kembali ke tempat kerja Anda.

3. Transparansi
Hal yang satu ini baiknya bukan hanya nda terapkan di perusahaan dan kalangan pegawai saja, namun coba terapkan transparansi kepada pihak terkait hingga pelanggan. Dengan demikian publik akan mengetahui dengan jelas arah perusahaan dan tentunya bawahan hingga pihak lainnya bisa memmonitor dan lebih mempercayai semua aktifitas yang terjadi di perusahaan.

4. Kreatifitas 
Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktifitas karyawan adalah mendukung kreatifitas serta ide-ide segar. Meskipun disetiap perusahaan telah ditetapkan alur serta struktur yang ketat terkait dengan aturan hingga jam kerja, namun demikin perlu juga diberikan waktu santai kepada pegawai untuk bisa memberikan ide-ide kreatif untuk memajukan perusahaan.

Cara sederhana yang diterapkan oleh Google adalah dalam setiap harinya, pegawai diberikan waktu sekitar 30 menit untuk mengerjakan proyek atau ide-ide pribadi mereka. Salah satu keberhasilan besar di Google berasal dari waktu lebih yang diberikan kepada pegawai adalah Gmail, yang berasal dari ide sederhana salah satu pegawainya yang kemudian dikembangkan menjadi produk utama perusahaan.

5. Bentuklah Tim
Salah satu cara yang ingin dicapai untuk memajukan perusahaan adalah membentuk tim-tim kecil yang sesuai dengan fungsi serta tujuan dari proyek atau pekerjaan. Hal ini penting karena selain menciptakan kolaborasi yang dinamis, tim yang ada juga bisa membantu perusahaan untuk menyelesaikan sebuuah proyek atau pekerjaan tertentu.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-01-31 01:16