3 Langkah Sederhana Untuk Menentukan Karir Yang Tepat

Posted on 2016-02-01 13:36



CATATAN UANGTidak bahagia dengan pekerjaan Anda yang sekarang atau justru Anda baru saja ingin memulai karir baru?

Temukan cara untuk memilih karir yang tepat dan sesuai yang Anda inginkan dengan mengikuti tiga langkah berikut ini.

1. Kenali diri

Sebelum menentukan karir yang ingin Anda jalani, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali diri Anda sendiri. Apa yang Anda minati, apa yang menjadi kelebihan, serta kekurangan Anda.

Jika Anda kesulitan menemukannya, mulailah dengan membuat daftar akan semua hal tersebut atau Anda bisa mengikuti tes karir gratis yang bisa ditemukan secara online.

Tes ini biasanya memberikan beberapa pertanyaan yang perlu dijawab untuk bisa mengetahui karir atau pekerjaan apa yang sesuai dengan Anda.

2. Buat daftar pekerjaan

Buat daftar pekerjaan yang Anda inginkan dan sesuai dengan bidang pendidikan Anda. Cari tahu juga kemungkinan lain, yaitu apakah pendidikan Anda masih bisa digunakan di bidang pekerjaan yang berbeda.

Kemudian berikan catatan seperti apakah lowongan pekerjaan di bidang itu cukup banyak, seperti apa persaingannya, dan seperti apa kesempatan berkarir di sana.

Tidak ada salahnya juga berkonsultasi dengan teman atau saudara yang pernah bekerja di bidang yang sama untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam.

3. Persempit daftar

Saat daftar pekerjaan yang Anda inginkan sangat banyak, sebaiknya persempit daftar tersebut dengan melihat kembali daftar kelebihan dan kekurangan Anda.

Selain itu, pertimbangkan lagi pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, Anda tidak ingin jam kerja yang terlalu panjang atau Anda tidak peduli dengan jam kerja panjang asal gaji yang ditawarkan sepadan.

Informasi seperti ini bisa Anda dapat jika banyak bertanya ke mereka yang sudah bekerja di bidang tersebut sebelumnya.








Cerita Unik Lainnya

Posted on 2016-02-15 12:22
Posted on 2016-01-28 00:07